Intip Yuk ! Biaya Service Mic HP Samsung Terbaru di 2024

 

Penting, Ini Dia Kisaran Biaya Service Mic Hp Samsung!

Masalah pada microphone hp sebenarnya jarang sekali terjadi, namun mungkin saja masalah ini disebabkan karena hp kemasukan air atau masalah internal pada mic hp itu sendiri. Beberapa gejala yang terjadi saat microphone hp rusak, diantaranya tidak bisa mengeluarkan nada dering saat ada panggilan, tidak terdengar suara saat menelpon maupun loadspeaker. Lantas, berapa biaya service mic hp Samsung?

Biaya service mic hp samsung


Sebelum Hitung Biaya Service Mic Hp Samsung, Coba Atasi Dulu!

Sebelum kalian menghitung biaya service mic hp Samsung sendiri, coba beberapa langkah berikut untuk mengatasi microphone hp Samsung yang rusak berikut ini :

1.       Restart Hp

Langkah pertama untuk mengatasi mic hp Samsung yang rusak dan tidak berfungsi yaitu dengan melakukan restart hp. Lakukan hal-hal berikut :

·         Tekan power pada hp android.

·         Silahkan tunggu dan restart hp setelahnya.

Berdasarkan pengalaman, saat ada bug yang terjadi dan tanpa sengaja berjalan, secara tidak langsung bug dapat mematikan fitur mic. Jadi, tidak ada salahnya jika mencoba panduan di atas.

2.       Coba Bersihkan Lubang Pada Mic Hp Samsung

Biasanya ukuran lubang microphone sangat kecil, komponen ini juga terletak tepat di bawah hp. Saat kalian menemukan kendala suara microphone hp yang kecil, bisa jadi dikarenakan debu atau kotoran menempel di lubang microphone. Bagaimana cara membersihkannya?

·         Gunakan jarum atau tusuk gigi.

·         Bersihkan lubang pada microphone menggunakan jarum dan tusuk gigi.

·         Lakukan hati-hati.

·         Cek kembali fungsi microphone hp kalian.

Biasanya sesudah microphone hp bersih, suara yang dihasilkan menjadi normal kembali.

3.       Reset Hp

Cara terakhir untuk mengatasi masalah yang terjadi pada microphone hp Samsung kalian yaitu dengan reset hp atau factory reset. Silahkan masuk ke menu pengaturan dengan mengikuti tutorial berikut :

·         Buka pengaturan atau setelan hp.

·         Masuk ke pilihan ‘Cadangkan dan Setel Ulang’.

·         Akses menu reset di smartphone.

·         Kembalikan sistem perangkat smartphone ke dalam setelan pabrik.

Biasanya opsi factory reset ini ampuh mengatasi masalah yang terjadi pada smartphone, bahkan seringkali dijadikan pilihan terakhir. Lantas, bagaimana jika masih belum berhasil mengatasi microphone yang rusak?

Jika ketiga cara di atas sudah dilakukan untuk mengatasi microphone hp yang rusak, maka cara yang paling efektif adalah dengan mengganti microphone hp Samsung dengan yang baru. Biasanya, biaya service mic hp Samsung berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 100.000 saja. Akan tetapi, biaya tersebut akan berbeda tergantung dari jasa service yang kalian gunakan.

Biaya Servis Hp Samsung Mati Total Kena Air

Biaya servis hp Samsung mati total kena air bisa bervariasi. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti tipe hp Samsung yang digunakan, biaya jasa dan harga komponen yang rusak. Saat hp terkena air dan mati total, sebelum membawanya ke tukang service, mungkin kalian bisa mencoba mengatasinya terlebih dulu secara mandiri.

Tips Memperbaiki Hp Samsung yang Mati Total Kena Air

Meskipun hp Samsung dikenal sebagai hp yang tahan banting, bukan berarti ketahanan hp tidak terganggu saat hp terjatuh, tergores, atau bahkan terkena air. Apalagi jika ada komponen penting yang mengalami kerusakan, jadi wajar jika hp langsung mati total. Di bawah ini, ada beberapa tips yang bisa kalian coba untuk memperbaiki hp yang mati total :

1.       Pastikan Hp Dalam Kondisi Off

Saat terkena air, mungkin ada sebagian hp yang masih menyala karena terkadang gejala yang ditimbulkan berbeda setiap hp. Ada yang menyala beberapa lama lalu mati total, bahkan ada pula yang langsung mati total saat terkena air. Tugas kalian yaitu pastikan hp dalam kondisi off, jadi walaupun hp kondisinya menyala, harus dimatikan terlebih dahulu.

Hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi konsleting listrik, karena bisa mengakibatkan kerusakan baru. Di samping itu, apabila membiarkan hp dalam kondisi menyala, kerusakan pada komponen hp akan merambat ke bagian lainnya.

2.       Bongkar Hp

Ketika hp mati total saat kena air, silakan langsung bongkar hp Samsung. Proses bongkar yang dimaksud yaitu lepaskan kartu SIM, baterai (untuk baterai yang terpisah), dan memori eksternal. Tapi sebenarnya untuk jenis hp dengan baterai tanam, kalian juga harus melepasnya. Akan tetapi, cara ini hanya dapat dilakukan oleh orang yang ahli atau tukang servis. Jika tidak memiliki peralatan yang memadai, akan sulit dilakukan.

3.       Keringkan Hp

Langkah selanjutnya adalah keringkan hp bagian luar. kalian bisa menggunakan kain kering dan bersih untuk mengeringkan hp bagian luar, dengan cara mengelapnya dengan perlahan sampai hp tidak lembab atau basah lagi.

4.       Gunakan Vacuum Cleaner

Hindari memperbaiki hp yang terkena air dengan meniup air tersebut. Karena air justru bisa semakin masuk hingga ke komponen bagian dalam hp. Dampaknya kerusakan bisa menyebar ke komponen lainnya.

5.       Nyalakan Hp Kembali

Silahkan nyalakan hp kembali, dan cek apakah hp bisa berjalan normal atau justru tidak bisa dihidupkan. Jika hp masih dalam kondisi mati total dan tidak bisa dihidupkan, mungkin ada kerusakan pada komponen tertentu.

Jika ternyata hp masih mati total setelah melakukan 5 langkah di atas, langsung bawa ke tukung servis untuk memperbaikinya.

Berapa Biaya Servis Hp Samsung Mati Total Kena Air?

Untuk biaya servis hp samsung mati total kena air sangat bervariasi, tergantung dari komponen atau spare part yang harus diganti. Jika kerusakan terjadi pada baterai, kisaran harga servisnya mulai dari Rp.100 ribu -Rp. 300 ribu.

Akan tetapi, jika harus mengganti LCD dan touchscreen, maka biayaservis hp Samsung mati total kena air untuk kerusakan komponen ini, bisa sampai di atas Rp. 300 ribuan. Sementara itu, jika memperbaikinya di Samsung Center, kisaran perbaikan hp yang mati total bisa mulai dari Rp. 500 ribuan sampai Rp.1 jutaan.

Daftar Biaya Servis Hp di Samsung Center Terbaru

Samsung Center adalah gerai untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada produk-produk hp Samsung. Jika hp Samsung yang kalian miliki memerlukan perbaikan karena kerusakan yang terjadi pada komponen-komponennya, maka sangat disarankan membawanya ke layanan Samsung Center. Tujuannya agar langsung diperbaiki oleh teknisi professional yang telah berpengalaman. Lantas, berapa sih biaya servis hp di Samsung Center?

Biaya Servis Hp di Samsung Center

Membawa hp Samsung kesayangan kalian ke Samsung Center untuk diperbaiki adalah pilihan yang tepat. Karena Samsung Center biasanya lebih aman dibandingkan jasa-jasa servis non resmi lainnya. Apalagi jika ternyata hp Samsung kalian masih dalam masa garansi. Siapa tahu, bisa meminimalisir besarnya biaya servis hp di Samsung Center.

Biaya servis yang ditawarkan biasanya tergantung dari jenis komponen yang diperbaiki. Sebagai bahan referensi kalian saat pergi ke Samsung Center, berikut kisaran biaya perbaikan hp di Samsung Center :

·         Melakukan backup data, biasanya ditarif mulai dari Rp. 50 ribu sampai Rp. 150 ribuan.

·         IMEI hp yang hilang, biaya perbaikannya mulai dari Rp. 50 ribu sampai Rp. 150 ribuan.

·         Melakukan flash ulang hp Samsung kisarannya dari Rp. 50 ribu hingga Rp. 200 ribuan.

·         Perbaikan hp terkena air bisa mulai dari Rp. 350ribu hingga Rp. 1 jutaan.

·         Reset ulang hp, biayanya mencapai Rp. 50 ribu sampai 100 ribuan.

·         Perbaikan untuk hp konslet mulai dari Rp. 500 ribuan sampai Rp. 1 jutaan.

·         Mengganti baterai yang rusak diperlukan biaya Rp. 100 ribu hingga Rp. 300 ribuan.

·         Untuk penggantian IC Sinyal sekitar Rp. 70 ribu sampai Rp. 200 ribuan.

·         Lupa password atau pola bisa banderol dengan biaya Rp. 50 ribu hingga Rp. 100 ribuan.

Tarif biaya perbaikan di atas tergantung dari jenis kerusakan yang dialami oleh hp Samsung kalian. Tapi ingat, harga di atas bukan termasuk harga pasti, sebab bisa saja berbeda. Karena tingkat keparahan, tipe hp serta ketersediaan spare part pengganti bisa mempengaruhi perbedaan harganya.

Biaya servis hp diSamsung Center di atas juga masih belum termasuk biaya komponen pengganti. Misalnya saja jika terjadi kerusakan pada layar hp Samsung, dan komponen tersebut harus diganti, maka biaya penggantian LCD hp Samsung dari tiap-tiap tipenya akan berbeda.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close