Tips Instalasi Rumah - Cara Mudah Menghubungkan CCTV ke Laptop

Oke sobat kamumauvector, kali ini kami akan membagikan tips mengenai bagaimana cara menghubungkan CCTV ke laptop? kami akan menjawabnya dengan sangat mudah dan ringkas. Oke, simak terus artikel kami berikut ini.

Selain untuk memantau kondisi rumah yang rawan akan maraknya maling berkeliaran, CCTV juga dapat berguna untuk merekam kejadian - kejadian unik disekitar tempat tinggal kita. 

Oleh karena itu, perlunya CCTV yang terhubung diseluruh perangkat kita. Selain bisa terhubung ke HP, kita juga dapat memantaunya dengan menggunakan LAPTOP.

Menghubungkan CCTV ke LAPTOP


Menghubungkan CCTV Ke Laptop

Saat ini perkembangan teklonogi semakin jaman semakin maju, tak terkecuali dalam instalasi CCTV, perangkat lunak yang digunakan semakin ringkas juga.

Hal ini tentunya memudahkan kita dalam mengakses CCTV secara real - time dalam perangkat smartphone atau Laptop.

Oke langsung saja, kami akan membagikan bagaimana tips cara mudah menghubungkan CCTV ke laptop secara real-time / online.

Setelah kalian memasang CCTV pada titik yang kalian inginkan, cobalah untuk mengetes apakah CCTV kalian itu nyala atau tidak dengan menggunakan kabel LAN 

Sebenernya ada beberapa cara sih untuk nyambungin CCTV tanpa DVR, namun itu akan kami ulas di artikel berikutnya ya sob!.

Cara Menghubungkan CCTV ke Laptop

1. Cek Jaringan /Koneksi DVR dan Cek IP Address

Cek IP Address laptop dan DVR, tujuannya untuk menyetting konektivitas antara laptop dan DVR pada aplikasi yang gunananya untuk melihat record CCTV dari laptop.

2.. Download Aplikasi Monitoring untuk CCTV

Ini merupakan hal yang sangat penting jika tujuan kalian ingin memantau CCTV melalui laptop. Yaitu dengan menggunakan aplikasi monitoring CCTV seperti VMS dan CMS. 

Atau jika cctv kalian bermerk hikvision, maka kalian perlu mengunjungi situs hikvision.com. Dan unduh sesuai OS yang ada dilaptop kalian (Windows or MAC). 

3. Pakai IP Statis pada DVR 

Kalian pakai IP Statis yang ada di DVR CCTV, karena nantinya dikhawatirkan akan terjadi perebutan IP antara DHCP server dan laptop kalian.

4. Periksa Konektivitas Antara DVR dan Laptop

Caranya : buka comandpromop / CMD , tekan symbol windows + D, ketikan CMD. kemudian tulis perintah "ping" alamat IP Address DVR. 

Misalnya ping 192.168.66.7. Jika hasilnya mereply, maka konektivitas antara DVR dan Laptop kalian sudah aman. Sebaliknya, jika eror atau tidak mereply, maka kalian harus mengecek terlebih dahulu DHCP server dan IP Laptop kalian, bentrok atau tidaknya.

5. Periksa PORT Yang Terhubung ke DVR CCTV 

Cek PORT yang terhubung, agar nantinya kalian dapat mengakses CCTV yang sudah terhubung ke Laptop kalian.

Caranya, kalian harus login DVR terlebih dahulu, setelah masuk pilih menu netwok lalu pilih port. disitu akan muncul port dengan angka yang dipakai adalah 8000.

6. Terakhir, Setting ke Laptop Untuk Melihat Record CCTV Secara Online dan Real Time

Setelah kalian sudah mendownload aplikas monitoring untuk CCTV yang kompatibel dengan OS kalian, maka segeralah untuk menginstallnya.

Setelah menginstall, buka aplikasi tersebut dan pilih sesuai dengan Merk DVR kalian. Kemudian tambahkan DVR dengan cara pilih menu tool - device - management - server - Encoding - Device - Add Device.

Pada bagian menu Address dan Port, ketik dan isi dengan IP DVR kalian. Untuk port kalian isi juga dengan username dan password yang sudah dipersiapkan.

Pilih menu mainview dan tampilkan. Maka CCTV sudah tampil di layar laptop kalian.

Penutup

Jadi begitulah cara mudah menghubungkan CCTV ke Laptop. Kalian perlu koneksi internet yang lancar dan cepat agar record yang didapat memuat secara realtime.

Semoga dengan cara diatas tersebut dapat membantu kalian ya hehe.

Baca juga : Cara Menghubungkan CCTV ke INTERNET

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close