Cara Menjadi HRD, Keahlian Apa Yang Harus Dimiliki?

"Human Resources Development" atau dalam bahasa Indonesia dikenal sebagai "Pengembangan Sumber Daya Manusia" (SDM) merupakan departemen yang bertanggung jawab untuk merancang, melaksanakan, dan mengelola program-program pengembangan karyawan.

keahlian yang harus dimiliki untuk menjadi seorangHRD kamumauvector


Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa sumber daya manusia dalam lingkup perusahaan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan, serta untuk meningkatkan kepuasan dan motivasi karyawan.

HRD juga melaksanakan program identifikasi bakat, penilaian kebutuhan pelatihan, penyusunan program pelatihan, dan evaluasi dampak pelatihan terhadap kinerja karyawan.

Bagaimana Cara Menjadi HRD?

Untuk kamu yang tertarik untuk menjadi seorang HRD, berikut ini ada 2 cara yang mungkin bisa kamu lakukan:

1. Mempunyai Gelar Sarjana atau Magister

Jika Kamu ingin menjadi HRD, hal utama yang dibutuhkan adalah memiliki gelar sarjana dalam bidang sumber daya manusia atau bidang terkait seperti psikologi, hukum, manajemen, bisnis, dan sejenisnya.

Namun, untuk memperoleh posisi yang lebih tinggi, Kamu perlu memiliki gelar magister dalam bidang HRD yang relevan seperti psikologi, hukum, manajemen, hubungan kerja, atau administrasi bisnis. Tidak hanya itu, walaupun sertifikasi tidak diwajibkan, tetapi dapat memberikan manfaat dalam hal peluang kerja bagi seorang HRD.

Menurut Asosiasi Manajemen Sumber Daya Manusia (SHRM), yang memberikan sertifikasi seperti itu mengatakan bahwa : individu yang memiliki gelar master dalam bidang yang berkaitan dengan SDM dapat memperoleh sertifikasi sampai dua tahun lebih awal dibandingkan dengan mereka yang hanya memiliki gelar sarjana.

2. Memiliki Jam Terbang dan Pengalaman Sebagai HRD

Jika kamu tidak mempunyai gelar Sarjana yang relevan untuk menjadi seorang HRD, maka kamu bisa mengandalkan jam terbang pengalaman untuk menjadi HRD.

Seorang HRD yang berpengalaman akan terbiasa dengan tanggung jawab dalam mencari, mengadakan wawancara, dan menempatkan karyawan. Selain itu, cara mengelola dan mengatur SDM berdasarkan pengalaman pun juga sangat dibutuhkan.

Karena akan sangat rumit dan memakan banyak waktu dan biaya jika Perusahaan memilih HRD fresh graduate karena harus membutuhkan waktu untuk dapat mengidentifikasi peluang SDM yang ada dalam Perusahaan.

Keahlian Penting Yang Harus dilakukan Sebagai Seorang HRD

Jika kamu berkeinginan untuk bekerja di departemen sumber daya manusia sebuah perusahaan, kamu harus memiliki beberapa keterampilan dan keahlian penting. Karena tidak semua orang memiliki keahlian untuk bekerja di bidang ini.

Departemen SDM ini memiliki fungsi dan tanggung jawab dalam mencari karyawan terbaik dan menjamin kenyamanan serta kontribusi maksimal dari karyawan di perusahaan.
Maka dari itu, untuk berhasil dalam karier di bidang ini, diperlukan keahlian dan keterampilan khusus.

Skill dan Keahlian HR Yang Harus Dimiliki

1. Komunikasi

Dalam semua aspek pekerjaan, kemampuan berkomunikasi menjadi faktor penting yang harus dimiliki, termasuk dalam human resources.

Di bagian sumber daya manusia, kemampuan berkomunikasi sangatlah penting, baik itu dalam berinteraksi dengan para atasan, karyawan, maupun calon karyawan.

Sebagai contoh, dalam hal calon karyawan, diharapkan agar kamu mengetahui informasi sebagai berikut :

  • Apa yang perusahaan butuhkan?
  • Apa yang membuat pelamar karyawan itu merasa nyaman di dalam perusahaan?
  • Mencari informasi tentang sifat dan kesesuaian calon karyawan yang akan direkrut.

2. Multitasking

Kemampuan melakukan beberapa tugas sekaligus juga diperlukan dalam peran seorang HRD.
Multitasking melibatkan kegiatan-kegiatan seperti :

  • Cara yang baik untuk mendengarkan masalah pribadi karyawan adalah dengan berusaha menyimak dengan seksama.
  • Berfikir tentang rencana perekrutan untuk jabatan tertentu
  • Evaluating employee performance to determine the tasks that need to be done in the future.

3. Problem Solving / Pemecahan Masalah

Permasalahan yang dihadapi oleh karyawan, seperti ketidaknyamanan dalam posisi dan tim yang mereka tempati, dan penilaian kurang baik terhadap kinerjanya oleh atasan, perlu ditemukan solusi terbaiknya.

Karena tidak semua orang bisa saling cocok atau bekerja sama dengan orang lain di satu perusahaan atau organisasi.

Tugas departemen human resources dalam posisi seperti ini adalah memilih dan menempatkan karyawan dalam ruang lingkup dan divisi yang paling sesuai dengan mereka, agar menemukan potensi dan kinerja terbaik karyawan tersebut.

Hal ini sangat penting untuk dipahami bahwa lingkungan sekitar memiliki dampak signifikan pada produktivitas individu, terutama dalam bekerja secara kolaboratif dalam sebuah tim.

4. Kemampuan Meng-organisasi

Untuk menjadi seorang Human Resources, kemampuan dalam meng-organisasi dibutuhkan dalam case tertentu.

Misalnya ketika Perusahaan akan mengadakan perekrutan, maka departemen human resources harus dapat mengkoordinir jadwal perekrutan agar sesuai dengan waktu yang dibutuhkan Perusahaan dalam mendapatkan karyawan yang sesuai.

5. Tegas

Keahlian yang penting bagi seorang staf HRD adalah memiliki kemampuan untuk menjadi tegas dalam sikapnya. Oleh karena itu, seorang karyawan di bidang sumber daya manusia harus memiliki kekuatan mental yang kuat karena ia bertanggung jawab dalam mengambil keputusan dalam merekrut dan memecat karyawan.

Perlu diingat bahwa perusahaan memiliki hak untuk mendapatkan karyawan terbaik yang sesuai dengan keahliannya. Di samping itu, penting bagi dia untuk memastikan karyawan merasa nyaman dan sejahtera dalam bekerja.

Kamu juga memiliki kendali atas informasi sensitif perusahaan, seperti data karyawan dan peningkatan gaji mereka, yang tidak dapat diakses oleh siapa pun dengan sembarangan.

Akhir Kata

Demikian skill atau keahlian untuk menjadi seorang HRD yang sudah kami rangkum dalam artikel ini. Setelah mengetahui skill apa saja yang harus ditingkatkan untuk menjadi seorang staff Human Resources, kamu tinggal mempersiapkan diri untuk apply CV kamu. Semoga bermanfaat.


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close