10 Aplikasi HR Terbaik Yang Wajib Kamu Pertimbangkan Untuk Dicoba!

Aplikasi HR terbaik kini hadir sebagai solusi tepat pemecahan masalah mempersingkat waktu kerja administratif. Seperti diterapkan oleh Personio, ia sanggup mempercepat kinerjanya hingga mencapai 55% daripada sebelumnya yang mana hampir semuanya terbengkalai. Hal ini tak luput dari tugas aplikasi HR itu sendiri yang lebih efektif dan akurat dalam hal mengelola kajian sampai merekrut pekerjaan.

aplikasi HR Terbaik yang wajib dipertimbangkan untuk dicoba

Bila kamu berprofesi sebagai human resources (HR) punya masalah serupa dan merasa bahwa pekerjaan strategis selalu terbengkalai akibat waktu pengelolaan yang tidak fleksibel, lebih baik manfaatkan lah aplikasi HR terbaik. Lantas apa saja aplikasi tersebut? Yuk segera pantau rekomendasi aplikasi HR terbaik berikut! 

Mengenal Apa Itu Aplikasi HR

Aplikasi HR adalah suatu sistem canggih berbasis aplikasi/website yang mampu menyelesaikan tugas sebagai penyimpanan dan pengolah data karyawan layaknya kehadiran, payroll, cuti, rekrutmen dan tugas-tugas penting lainnya. Dengan mengandalkan HRIS, maka tim HR akan sanggup bekerja lebih efektif dan fleksibel waktu.

Tak hanya itu saja, tetapi aplikasi HR terbaik juga sanggup mengerjakan tugas lain layaknya administratif dan memberi hasil putusan secara akurat sesuai data yang ada sebelumnya. Semua itu tergantung pula pada fitur HR itu sendiri di dashboardnya. Penggunaan aplikasi ini juga sangat rekomendasi, sebab tetap relevan dengan standar ERP dimana sanggup berinteraksi dengan data maupun informasi dalam lokasi yang sama. 

Rekomendasi Aplikasi HR Terbaik 

Berhubung sekarang terdapat beberapa software serupa, maka penting bagi perusahaan untuk memilih salah satu yang lebih cocok dan sanggup memberi kinerja terbaik. Berikut ini beberapa rekomendasi aplikasi HR terbaik yang sanggup membantu tugas-tugas berat perusahaan:

1. Mekari Talenta

Mekari Talenta adalah salah satu rekomendasi aplikasi HR pertama yang menerima klien dari Indonesia. Pengoperasiannya dapat kamu lakukan secara online dan sanggup mengerjakan tugas real-time serta efisiensi waktu. Semua itu berkat adanya dukungan fitur paling komprehensif dari mekari talenta, termasuk:

  • Absensi Online. Dengan dukungan fitur ini, setiap kehadiran karyawan akan selalu dimonitoring. Menariknya, monitoring itu didukung pula oleh sistem deteksi wajah dan gps live. Alhasil, tindak kecurangan pun akan menjadi lebih rendah bahkan tidak akan pernah terjadi. 

  • Payroll. Siapapun yang memilih aplikasi HR terbaik mekari talenta, maka dapat melakukan rekapitulasi data pada komponen penggajian. Selain itu, fitur ini juga sanggup menghitung jumlah secara akurat, lalu mentransfernya ke karyawan secara otomatis. 
  • Expense Management. Aplikasi HR mekari talenta juga didukung oleh sistem pengajuan reimbursement yang berfungsi secara mandiri. Dengan demikian, HR cukup melakukan monitoring saja lalu meng-approve berdasarkan nilai saldo milik karyawan.
  • HR Helpdesk. Ini adalah fitur pada aplikasi mekari talenta yang bertugas sebagai sarana komunikasi untuk HR. Dengan demikian, segala pertanyaan dapat segera didistribusikan langsung ke pihak penanggung jawab. 

Selain beberapa fitur terbaik tersebut, aplikasi mekari talenta juga menawarkan ragam fitur penting lainnya. Oleh karenanya, tak salah jika mencoba aplikasi ini secara trial atau langsung memilih paket berlangganan.

Tunggu Hingga Proses Loading Selesai

2. HRDPintar  

Rekomendasi aplikasi HR terbaik selanjutnya yaitu HRDPintar, yakni aplikasi yang mengutamakan kemudahan dalam hal kelola kinerja karyawan. 

Karena kemudahannya tersebut, maka HRDPintar tak hanya untuk perusahaan besar saja, melainkan ideal pula bagi mereka para UMKM bahkan korporasi. Akses penggunaan aplikasi ini juga tak terbatas pada satu sistem os saja, sebab kamu dapat mengoperasikannya lewat website dengan perangkat smartphone sekalipun. 

Adapun kemudahan yang ditawarkan pada aplikasi ini meliputi :

  • Pengelolaan biodata karyawan 
  • Pencatatan jadwal kerja (shifting)
  • Sistem Pembayaran Gaji 
  • Sistem Cuti 
  • Absensi Karyawan
  • Lembur Karyawan
  • Keterlambatan Kehadiran Karyawan
  • BPJS & Asuransi
  • Kasbon
  • Track Record
  • Reimbursement
  • GPS Tracking & Deteksi Wajah
  • Realtime Finger Print

3. OnHDR 

Dari sisi pengaplikasian, OnHDR tak beda jauh dengan KaryaOne. Sebab, aplikasi HR ini masih berbasis website. Alhasil, OnHDR dapat kita akses dengan segala jenis perangkat dan sistem OS. Sementara itu, fitur terbaik dari aplikasi ini terletak pada beberapa tugasnya yang mampu melakukan absensi, pengajuan cuti sampai membuat jadwal kerja.

4. Monday.com 

Bila membutuhkan aplikasi HR berkemampuan menarik lamaran dari kandidat melalui website perusahaan, maka monday.com adalah solusi tepat saat ini. Nantinya kamu juga dapat menambahkan kandidat tersebut ke alur kerja. Dengan kemampuannya tersebut, HR tidak perlu memerlukan banyak waktu untuk saling terhubung dengan user berwenang saat melakukan peninjauan terhadap kandidat.

Fitur terbaik lainnya dari monday.com adalah adanya sistem pelacakan waktu kerja bagi karyawan. Selain itu, terdapat pula fitur perencanaan, pengukur KPI serta pembuatan template proyek. Jadi, tidak ada salahnya bila memilih aplikasi HR terbaik ini. 

5. Jojo Payroll 

Aplikasi berikutnya adalah Jojo Payroll, sebab perangkat lunak ini sanggup membuat tawaran sendiri tentang penggajian bagi setiap karyawan. Menariknya, tawarannya tersebut di dukung pula oleh fitur cetak slip gaji dengan kualitas terbaik. Sedangkan fitur terbaik lainnya yaitu cuti lembur, absensi dan lain sebagainya.

6. Factorial

Rekomendasi aplikasi HR terbaik berikutnya adalah Factorial. Saat memilihnya, beberapa fitur terbaik miliknya akan membantu melakukan pengelolaan administratif secara singkat. Beberapa sistem unggulan factorial yaitu rekrutmen, OKR tracking, performance review, onboarding hingga offboarding dan lain sebagainya. 

Factorial sebagai aplikasi HR ini sangat kompatibel dengan berbagai macam perangkat. Alhasil, akses ke aplikasi ini pun menjadi tidak terbatas seperti lewat ponsel maupun komputer. Hal paling menarik saat memilihnya yaitu kamu sanggup memeriksa waktu atau kapan karyawan berulang tahun hingga merayakan anniversary kerja. 

7. ClearCompany

Bila membutuhkan aplikasi HR terbaik dengan fitur rekrutmen unggulan, maka ClearCompany dapat kamu jadikan sebagai acuan untuk membantu pekerjaan administratif paling ideal. Sebab, terdapat ragam fitur rekrutmen otomatis berkemampuan membuat jadwal wawancara, penyaring kandidat, sampai memeriksa latar belakang. 

Menariknya, fitur terbaik rekrutmen tersebut juga mampu memasukkan kandidat sebelumnya ke dalam area onboarding. Dengan demikian, maka proses transisi tidak akan membutuhkan banyak waktu. 

8. Bambee

Bila perusahaan milikmu sekarang masih tergolong kecil dan tidak punya tim HR berpengalaman, maka Bambee adalah pilihan aplikasi HR terbaik dari beberapa rekomendasi sebelumnya untuk kamu coba. Sebab salah satu keunggulan bambee yaitu selalu memberikan konsultan khusus HR untuk setiap usernya. Alhasil, segala jenis pertanyaan pun akan segera terjawab dengan benar. Salah satu fasilitas terbaik Bambee lainnya ialah fitur training untuk para karyawan. Sehingga akan mempermudah bagi perusahaan mengadakan training. 

9. Payroll Bozz 

Payroll Bozz menjadi salah satu rekomendasi aplikasi HR terbaik karena sanggup menciptakan prosedur khusus untuk sistem penggajian. Uniknya, hal itu bisa terjadi secara online serta sangat terintegrasi dengan sistem absensi. Selain itu, kamu juga bisa mengajukan cuti maupun izin bagi karyawan lewat aplikasinya.

10. Arcoro

Aplikasi HR terbaik rekomendasi terakhir yaitu arcoro yaitu suatu software khusus untuk mereka yang memiliki perusahaan konstruksi. Adapun fitur terbaik arcoro yaitu rekrutmen, record management sampai onboarding. 

Tak terbatas pada fiturnya saja yang unggul, arcoro juga menyediakan berbagai jenis modul terbaik seperti: Pelacak sertifikasi, kualitas pekerja, pelatihan terhadap keselamatan, lisensi, sampai standar pada suatu proyek. Di satu sisi, terdapat pula fitur monitoring jadwal kerja karyawan sampai kehadiran. 

Akhir Kata

Itulah pembahasan kami mengenai aplikasi-aplikasi HR menurut kami yang terbaik. Perlu digaris bawahi, dari pembahasan 10 aplikasi tersebut masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan. Pastikan memilih aplikasi HR yang sesuai dengan kebutuhan dan budget perusahaan. Sekian dan semoga bermanfaat.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close