Bagaimana FIFA menentukan peringkatnya, dan apa kegunaannya serta strategi yang dapat digunakan oleh Timnas Indonesia untuk meningkatkan peringkat mereka dalam daftar dunia tersebut?

Peringkat FIFA di dunia sepak bola merupakan aspek yang signifikan, tetapi masih menjadi hal yang tidak terungkap bagi banyak penggemar dan bahkan beberapa individu yang terlibat dalam dunia sepak bola.

Ini berhubungan dengan beberapa kompetisi FIFA, yang berarti memiliki dampak langsung pada masa depan tim nasional. Namun, ini menjadi subjek perdebatan dan telah mengalami perubahan metode beberapa kali sebagai respons terhadap banyak kritik.

foto : instagram.com/pssi/

FIFA telah mengumumkan bahwa mereka akan memeriksa kembali sistem peringkat setelah Piala Dunia 2018, yang menunjukkan adanya kemungkinan adanya perubahan lebih lanjut.

Apa itu peringkat dunia FIFA?

Seperti yang disebutkan dengan namanya, peringkat dunia FIFA adalah cara untuk menilai peringkat tim nasional yang digunakan oleh organisasi sepak bola internasional. Peringkat ini diberlakukan untuk 211 asosiasi anggota FIFA.

Selain itu, Peringkat Dunia FIFA merupakan sistem peringkat yang dikeluarkan oleh Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) untuk menilai kinerja tim nasional sepak bola dari seluruh dunia. Peringkat ini diperbarui secara bulanan dan didasarkan pada hasil pertandingan resmi yang dimainkan oleh tim nasional.

FIFA menerbitkan peringkat terkini setiap bulan, dengan mempertimbangkan pertandingan-pertandingan yang diakui FIFA yang dimainkan pada bulan sebelumnya.

Pengenalan pertama kali dilakukan pada bulan Desember 1992, mengalami beberapa perubahan sejak awal, dan sering kali mendapat kritik dari penggemar dan pihak yang terlibat langsung dalam permainan.

Menurut teori, proses perhitungan memungkinkan tim yang paling berhasil untuk mendapatkan peringkat teratas.

Selama tiga puluh tahun terakhir, hanya ada delapan tim yang berhasil mencapai posisi teratas dalam peringkat FIFA, yaitu Brasil, Jerman, Argentina, Italia, Prancis, Spanyol, Belgia, dan Belanda.

Selama periode tersebut, Brasil telah mendominasi peringkat tertinggi untuk jangka waktu yang paling lama.

Bagaimana Prosedur Perhitungan Peringkat Dunia FIFA?

Peringkat FIFA dunia merupakan suatu sistem yang menggunakan poin untuk menghitung hasil dari semua pertandingan internasional senior yang dimainkan oleh tim nasional dalam periode empat tahun.

Total poin tim dihitung dengan menggabungkan jumlah rata-rata poin yang diperoleh dalam pertandingan selama 12 bulan terakhir, termasuk poin dari permainan lama yang mengalami penurunan nilai setiap tahun.

Maka pada prinsipnya, peringkat FIFA dihitung dengan menggabungkan rata-rata selama 12 bulan terakhir dengan rata-rata selama 36 bulan sebelumnya.

Perhitungan Poin

FIFA telah menyusun rumus dalam menghitung jumlah poin yang dapat diperoleh tim dari satu pertandingan (P), dengan ketentuannya sebagai berikut:

Apakah pertandingan tim tersebut dimenangkan atau seri? (M)

Seberapa penting pertandingan tersebut bagi tim itu (I)

Seberapa kuat tim lawan dan konfederasi mereka? (T&C)

Jadi rumusnya adalah sebagai berikut:

P = M x I x T x C

Menghitung 'M'

Tim mendapatkan tiga poin untuk menang, satu poin untuk seri dan nol untuk kekalahan. Dalam kasus adu penalti, tim yang menang mendapat dua poin dan tim yang kalah mendapat satu poin.

Hasil

Poin Yang Diterima

Menang

3

Imbang

1

Kalah

0

Menang adu penalti

2

Kalah adu penalti

1

Menghitung 'I'

Tingkat pentingnya suatu pertandingan dapat dinilai dari skala 1 hingga 4 berdasarkan jenisnya, seperti jika itu adalah pertandingan persahabatan (1), pertandingan kualifikasi Piala Dunia atau tingkat konfederasi (2,5), pertandingan final tingkat konfederasi (3), atau pertandingan Piala Dunia (4).

Jenis Pertandingan

Poin Yang Diterima

Persahabatan

3

Kualifikasi Piala Dunia

1

Piala Konfederasi

0

Piala Dunia

2

Menghitung 'T'

Untuk menghitung kekuatan tim lawan, FIFA menggunakan cara berikut: 200 dikurangi posisi peringkat tim lawan (menggunakan peringkat terbaru). Jadi, misalnya berdasarkan peringkat terakhir Juni 2022, tempat ketiga Argentina memiliki peringkat kekuatan 197.

Menghitung 'C'

Kekuatan sebuah konfederasi ditentukan oleh jumlah kemenangan yang diraih timnya dalam tiga putaran final Piala Dunia terakhir.

Konfederasi

Poin

CONMEBOL

1

UEFA

0.99

AFC

0.85

CAF

0.85

OFC

0.85

CONCACAF

0.85

Selain untuk memetakan perkembangan timnas, peringkat FIFA global juga digunakan untuk menentukan babak final dan proses kualifikasi Piala Dunia.

Contoh, tim terbaik dalam Piala Dunia 2022 ditentukan berdasarkan peringkat mereka pada bulan Maret yang lalu.

Sama seperti Piala Dunia, pot undian untuk putaran final Piala Asia 2023, di mana Indonesia juga berpartisipasi, juga dibagi berdasarkan peringkat dunia FIFA.0.85.

Saat ini, tim nasional Indonesia menduduki peringkat ke-146 dalam daftar peringkat dunia FIFA dengan skor 1064.01

Tentu saja, ini adalah peningkatan yang sangat signifikan bagi Tim Nasional Indonesia, mengingat pada bulan September tahun lalu posisi peringkat Indonesia berada di 175.

Jika diperbolehkan untuk mengulang masa lalu, FIFA sebelumnya memberikan hukuman kepada Indonesia pada bulan Mei 2015 karena pemerintah dianggap melakukan campur tangan dalam urusan PSSI. Selama periode hukuman tersebut, PSSI kehilangan keanggotaan mereka dan sebagai akibatnya, timnas Indonesia tidak dapat berpartisipasi dalam kompetisi internasional yang diadakan oleh FIFA dan AFC.

Beruntungnya, FIFA hanya memberlakukan sanksi selama satu tahun, setelah pada tanggal 13 Mei 2016, FIFA akhirnya menghapuskan sanksi terhadap Indonesia.

Namun, Indonesia tidak mengikuti kompetisi FIFA dan kegiatan FIFA lainnya selama periode tersebut, sehingga tidak ada perubahan dalam peringkat dunia Tim Garuda yang saat itu berada di peringkat 171.

Setelah pencabutan sanksi, PSSI segera memilih lawan yang memiliki potensi memberikan poin yang penting dalam pertandingan FIFA. Namun, hal itu tidak menyebabkan Indonesia naik peringkat.

Terutama pada babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia belum pernah meraih kemenangan dalam delapan pertandingan (tujuh kekalahan dan satu hasil imbang), dengan tim Garuda berada dalam grup yang sama dengan Uni Emirat Arab, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Namun, setelah itu, peringkat Indonesia di peringkat dunia FIFA mengalami peningkatan yang sangat signifikan setelah berhasil LOLOS 16 BESAR Piala Asia 2023. Mereka berhasil menjadi runner up grup terbaik, namun tumbang oleh timnas Australia. Lolosnya timnas ke fase 16 besar membuat peringkat Indonesia naik ke-146.

Selain peningkatan kinerja timnas Indonesia di bawah bimbingan Shin Tae-yong, PSSI juga berperan dalam meningkatkan peringkat dunia FIFA Indonesia dengan mengatur jadwal untuk tim Garuda selalu berpartisipasi dalam FIFA matchday.

Pada bulan Januari yang lalu, Indonesia telah melaksanakan dua pertandingan FIFA, dan dalam kedua pertandingan tersebut mereka bermain melawan Timor-Leste dan berhasil memenangkan keduanya dengan hasil yang sangat baik.

Pada saat itu, Indonesia dijadwalkan untuk berkompetisi dengan Bangladesh, tetapi pertandingan dibatalkan karena beberapa pemain Bangladesh masih belum menerima vaksin kedua untuk virus corona.

Kemudian, pada pertandingan FIFA di bulan Juni, Indonesia dapat bersaing melawan Bangladesh pada awal bulan tersebut, dan hasil pertandingan akhir adalah skor seri 0-0.

Post a Comment for "Bagaimana FIFA menentukan peringkatnya, dan apa kegunaannya serta strategi yang dapat digunakan oleh Timnas Indonesia untuk meningkatkan peringkat mereka dalam daftar dunia tersebut?"