Tips Jualan di Live TikTok Shop Biar Dagangan Kamu Laris Manis!

Helo sobat kamumauvector.com. Kali ini, kami akan berbagi tips seputar dunia online shop yang membahas tentang bagaimana sih cara live streaming jualan di tiktok? apa jualan di tiktok bisa mendatangkan banyak cuan? lalu gimana sih waktu yang pas untuk live streaming tiktok shop agar dagangan laku dan laris manis?.

Pasti penasaran bukan? kami akan membahasnya secara detail dan terperinci untuk kalian agar live streaming tiktokshop kalian rame dan laris manis. Simak terus artikel kami.

auto cuan live streaming tiktok shop


Live Streaming TikTok Shop

TikTok Shop merupakan fitur yang dibuat oleh TikTok yang memungkinkan pengguna TikTok membeli produk atau layanan langsung dari aplikasi. TikTok Shop memungkinkan pengguna TikTok untuk menjelajahi, menemukan, dan membeli berbagai produk dari merek dan penjual yang bekerja sama dengan TikTok.

Sebelum kalian memulai Live Streaming TikTok Shop, kalian harus mendaftarkan dan validasi terlebih dahulu untuk membuat TikTok Shop. Karena tidak jarang juga ada pengguna TikTok yang beberapa kali pengajuan untuk membuat Toko di TikTok ditolak.

Cara Daftar TikTok Shop

Berikut ini adalah cara mendaftarkan ke fitur TikTok Shop

  1. Kunjungi laman TikTok Shop Seller Center di https://seller-id.tiktok.com/ dan buat toko kalian dilaman tersebut.
  2. Lakukan pendaftaran sesuai dengan akun kalian dan mencantumkan email serta nomor telpon kalian yang aktif.
  3. Kalian juga harus mengatur alamat toko dan juga alamat penjemputan / pickup barang kalian. masukan alamat lengkapnya RT, RW, Kelurahan, Kecamatan, dan kode posnya.
  4. Atur juga alamat retur atau tempat pengembalian kalian
  5. Lalu centang agreement, kemudian klik tombol start your bussiness.

Untuk langkah selanjutnya, kalian harus vertifikasi dokumen juga ya gaes. Caranya :

  1. Pada halaman TikTok Shop Seller Center, pilih verify documents lalu unggah dokumen kalian.
  2. Pilih jenis bisnis kalian, apakah bisnis perorangan atau perusahaan.
  3. Input nama toko kalian
  4. Jika kalian memilih jenis bisnis perorangan cukup Unggah KTP
  5. Namun jika perusahaan, kalian harus melengkapi dokumen seperti ijin usaha, ijin dagang sesuai berkas kepengurusan bisnis yang diatur oleh pemerintah.
  6. Setelah kalian mengunggah, klik kirim.
  7. Tunggu sampai pihak TikTok meninjaunya. Biasanya disetujui atau tidaknya, pemberitahuannya akan diemail sesuai dengan alamat email pendaftaran akun TikTok kalian.

Jika pengajuan daftar TikTok Shop kalian ditolak oleh TikTok Shop, penting untuk mengikuti petunjuk yang diberikan oleh TikTok dan memperbaiki masalah yang ada,karena itu harus. 

Namun, jika tidak jelas mengapa kalian ditolak, kalian dapat kontak tim dukungan TikTok untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan bantuan. 

Cara Live Streaming di TikTok Shop

Berikut ini tips dan cara live streaming di TikTok Shop, sebelum itu kalian harus mempersiapkan barang dan juga upload produk di TikTok Shop dengan deskripsi, stok barang, dan juga foto produknya secara detail ya gaes.

  1. Buka aplikasi TikTok dan buat siaran langsung: Ketuk ikon "+" di bagian bawah layar untuk membuat siaran langsung. Pilih opsi "Live" atau "Go Live" di layar berikutnya.
  2. Atur detail siaran langsung: Berikan judul yang menarik untuk siaran langsung kalian, tambahkan tagar (#) yang relevan, dan tentukan pengaturan privasi yang diinginkan (misalnya, siaran langsung publik atau hanya untuk pengikut).
  3. Aktifkan TikTokShop selama siaran langsung: Selama siaran langsung, kalian akan melihat opsi "TikTokShop" di bagian bawah layar. Ketuk opsi tersebut untuk membuka toko dan tampilkan produk yang ingin kalian promosikan.
  4. Promosikan dan jelaskan produk: Selama siaran langsung, bicarakan tentang produk, tampilkan fitur-fitur unggulan, berikan penjelasan yang jelas, dan ajak penonton untuk membeli langsung dari toko TikTokShop kalian.
  5. Tanggapi komentar dan interaksi: Selama siaran langsung, perhatikan komentar dan interaksi pengguna. Usahakan untuk menjawab pertanyaan, memberikan informasi tambahan, dan terlibat dengan penonton kalian secara aktif.
  6. Selesaikan siaran langsung: Setelah kalian selesai, pastikan untuk menyampaikan pesan penutup, mengucapkan terima kasih kepada penonton, dan menutup siaran langsung dengan cara yang tepat.

Berapa Persen Potongan Jualan di TikTok Shop?

Oh iya, satu lagi. Jika kalian jualan di TikTok Shop, kalian harus tahu juga berapa persen potongan jualan melalui tiktok shop. Berikut ini kami akan membagikan informasi  penyesuaian biaya admin di Tiktok shop per Juni 2023.

Rumus untuk menghitung biaya admin tiktok shop : Biaya komisi = Tarif Komisi % x ( Harga Barang - Diskon Penjual ). 

Untuk menghitung presentase tarif komsi kategori barang yang kalian jual, bisa kalian lihat disini ya! 


Contoh Penerapan Perhitungan Biaya Admin TiktokShop :

Kalian sebagai penjual menjual jam tangan anak dengan harga 50.000, kemudian kalian menerapkan diskon 15.000, maka akan mendapatkan harga setelah penerapan diskon adalah 35.000.

Barang yang kalian jual yakni jam tangan anak tergolong kategori fashion anak-anak maka biaya adminya adalah 4,3%.

Perhitungan biaya adminnya adalah : 

50.000 - 15.000 x 4,3%   = 1.505 maka biaya admin untuk jam tangan anak yang kalian jual adalah sebesar 1.505 rupiah.

Kapan Waktu Yang Tepat Untuk Jualan Live Streaming di TikTok Shop?

Ada berbagai tips mengenai kapan waktu yang tepat untuk memulai jualan di live streaming TikTok. Jika kalian baru saja membuat akun dan tidak mempunyai followers sama sekali, maka kami sarankan untuk membuat konten terlebih dahulu untuk mendatangkan banyak followers.

Atau untuk cara instan, kalian bisa memilih layanan tikTok Ads untuk mempromosikan konten kalian dengan target untuk mendapatkan banyak followers.

Jika akun kalian sudah banyak followers, maka kalian harus melihat fitur insight yang ada diTikTok, kapan saja waktu aktif followers kalian. Misalnya, dihari minggu dari jam 12 siang hingga jam 3 Sore followers banyak yang aktif. Maka saat itu juga bisa dikatakan waktu yang tepat untuk memulai live streaming TikTok Shop.

Tapi jika kalian ingin mencoba selain tips diatas, berikut ini tips gokil yang kami bagikan kepada kalian yaitu : 

Kenali target audiens kalian 

Periksa waktunya di mana sebagian besar pengikut atau penggemar kalian aktif di TikTok. Hal ini dapat dilakukan dengan menganalisis data statistik dari postingan sebelumnya atau melalui pemahaman tentang audiens kalian.

Hindari waktu yang sangat populer 

Jika kalian ingin agar siaran langsung kalian menonjol dan mendapatkan perhatian, hindari waktu yang sangat sibuk di TikTok, seperti saat popularitasnya sedang meledak atau ketika banyak orang lain yang memulai siaran langsung secara bersamaan.

Pilih waktu yang tepat secara geografis

Jika kalian memiliki pengikut atau penggemar dari berbagai negara atau zona waktu, pertimbangkan untuk memilih waktu yang memungkinkan sebagian besar dari mereka dapat bergabung dengan siaran langsung kalian tanpa terlalu terbebani oleh perbedaan waktu yang besar.

Eksperimen dengan waktu yang berbeda

Cobalah memulai siaran langsung pada waktu yang berbeda dan lihat respons dari audiens kalian. Jika kalian melihat partisipasi yang tinggi dan interaksi yang baik pada waktu tertentu, itu mungkin menjadi waktu yang tepat untuk memulai siaran langsung di masa depan.

Cara gokil yang terakhir yang merupakan experimen kami adalah ketika kami membuat konten, tidak lama konten tersebut menjadi FYP maka kami mencoba memutuskan untuk langsung memulai Live Streaming TikTok Shop. Dan diluar nayla, banyak interaksi meskipun barang yang terjual tidak banyak kami tetap happy. Karena beberapa kali kami mencoba live tidak ada pengunjung, sangat sepi. 

Yang menjadi pertanyaan sekarang, Kapan Jam/ Waktu Yang Tepat Untuk FYP di TikTok? 

Pada dasarnya, TikTok menggunakan algoritma yang kompleks untuk menampilkan konten kepada pengguna berdasarkan sejumlah faktor, termasuk interaksi sebelumnya, preferensi pengguna, popularitas konten, dan banyak lagi. Tujuan FYP adalah untuk menampilkan konten yang paling relevan dan menarik bagi setiap pengguna.

Namun ada cara yang lebih gokil lagi untuk FYP, yaitu riset sesuatu yang dicari banyak orang. Bagaimana caranya? kami akan membahasnya lain waktu ya hehe.

Baca juga : Cara Menghubungkan CCTV ke Laptop



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close