6 Cara Ampuh Mengatasi Hasil Print Berbayang

Atasi hasil print berbayang, printer merupakan kebutuhan penting dalam dunia perkantoran karena dapat membantu kita mencetak, scan, atau bahkan fotocopy dokumen untuk berbagai keperluan.

Meski begitu, tidak jarang juga kita menemukan pengguna printer mengalami masalah pada print yang dihasilkan. Misalnya seperti buram, blur, tidak jelas, dan berbayang. Hal tersebut bisa saja terjadi pada semua merk printer. Lalu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi hasil print berbayang tersebut?

Pada artikel kali ini, kamumauvector akan membahas penyebab dan cara mengatasi hasil print berbayang yang semoga menjadi solusi untuk kalian yang mengalami masalah tersebut. 

mengatasi hasil print berbayang


Penyebab Hasil Printer Berbayang

Terdapat bermacam - macam masalah yang dapat membuat hasil cetak menjadi buram atau berbayang Hal tersebut bisa terjadi di semua merk printer, seperti Canon MG2570S, Canon IP2770, Canon MP287, Epson L360, Epson L3210, HP Deskjet, maupun tipe printer yang lain. Penyebab hasil cetak printer buram, blur atau berbayang diantaranya adalah sebagai berikut:

1.       Kerusakan Komponen

Hasil print menjadi blur atau berbayang bisa saja terjadi akibat kerusakan komponen, dimana kerusakan tersebut terjadi pada komponen printer seperti pelumas gerak jalur cartridge sudah kering dan lengket, motor gerak untuk silinder print rusak, dan kerusakan lain pada komponen printer tersebut akibat pemakaian atau usia printer.

2.       Infus tinta bermasalah

Penybab hasil print menjadi berbayang yang kedua adalah infus dari tinta printer tersebut bermasalah, akibatnya hasil cetak menjadi blur dan berbayang karena adanya posisi dari selang infus yang salah dalam pemasangannya sehingga mengganggu jalan dari aliran tinta tersebut.

3.       Head Print Rusak

Jika head print rusak, maka nozzle yang dihasilkan dari printer tersebut tidak beraturan sehingga membuat hasil print menjadi berbayang atau blur walaupun sudah melakukan system cleaning pada printer.

4.       Memory Eeporm Corrupt

Walaupun masalah ini jarang tejadi pada printer pada umumnya, penybab hasil printer berbayang atau blur bisa diakibatkan dari korupnya memory eeporm pada printer.

5.       Sensor Encoder Kotor

Jika kalian menambahkan tinta pada printer kalian harap berhati-hati untuk menuangnya jangan sampai terketa sensor encoder pada print kalian. Jika itu sudah terjadi maka penyebab dari hasil print berbayang pada printer kalian diakibatkan dari sensor encoder yang kotor akibat terkena tumpahan/cipratan dari tinta printer yang kalian tuang tersebut.

6.       Konfigurasi Head Print Alignment yang berubah

Jika kalian mendapati hasil dari printer kalian yang blur dan berbayang, bisa jadi konfigurasi head print alignment kalian berubah, pastikan mengikuti petunjuk setting dari masing-masing merk printer kalian

Dari pembahasan tentang penyebab hasil print blur atau berbayang diatas, lantas bagaimana cara mengatasi masalah tersebut? Simak pembahasan berikut ini :

Cara Mengatasi Hasil Print Berbayang

cara mengatasi hasil print berbayang


1.       Cek Komponen Printer

Cara pengecekan komponen tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti cek pergerakan cartridge printer apakah terlihat sangat berat, terlihat kering atau terlihat lengket tidaknya pada komponen tersebut. Karena jika terlihat sangat berat, maka bisa saja masalah tersebut yang selama ini mengganggu kinerja hasil printer kalian.

2.       Cek Penyalur/Selang Infus Tinta

Pastikan posisi pada selang infus tinta terpasang dengan benar, tidak terlalu longgar dan tidak terlalu kencang. Apabila kondisi selang infus tersebut sudah mengeras, alangkah baikknya untuk segera mengganti selang infus tersebut. Sehingga selang infus tersebut tidak mengganggu system kerja dari cartridge ketika digunakan untuk ngeprint.

3.       Cek Head Print pada Printer

Cek hasil print kalian, pastikan head print tidak mengalami kebocoran akibat terlalu banyak mengisi tinta maupun masalah lainnya. Selain itu, coba dengan melakukan cleaning sampai berkali-kali hingga hasil print tidak berbayang dan sesuai yang diharapkan.

4.       Salin File Eeporm Printer

Cara lain mengatasi hasil print berbayang yaitu dengan meng- copy file Eeporm dari perangkat print yang masih bagus dengan catatan type print yang harus sama. Sehingga compatible dengan printer yang kalian pakai.

5.       Periksa Kondisi Sensor Encoder

Pastikan kondisi sensor encorder tidak kotor dan aman dari cipratan tinta printer, letak sensor encorder tersebut beradadi belakang cartridge atau rumah cartridge. Jika mika sensor encorder tersebut kotor, maka bersihkan dengan hati-hati.

6.       Atur Head Print Alignment

Cara ini bisa kalian lakukan dengan cara : buka menu driver printer, masuk ke printer settings. Kemudian klik/pilih pada tab maintenance lalu pilih opsi print head alignment pastikan kalian sesuaikan menu tersebut didalam versi OS yang kalian gunakan saat ini.

Jika cara ini sudah kalian lakukan, silahkan lakukan print dengan cara klik next. Pada hasil print silahkan dilihat apakah hasilnya sudah sesuai atau belum. Jika belum maka lakukan dengan memasukan nilai yang sesuai.

Demikian informasi yang kami sampaikan tentang penyebab dan cara mengatasi hasil printer blur dan berbayang.  Selain itu, sebelumnya kita juga membahas tentang Cara Mudah Instal Printer Brother DCP t710w.

Akhir Kata

Dapat disimpulkan pada artikel ini mengenai penyebab dan cara mengatasi hasil printer berbayang adalah dengan cara mencari penyebabnya seperti komponen printer, selang infus printer, sensor encorder, head print, serta file system printer yang corrupt.

Sekian artikel yang dapat kami sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi hasil printer berbayang. Semoga artikel diatas dapat membantu kalian untuk mengatasi masalah yang kalian alami.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url
close